Camcer

Camping Ceria Ramadhan di gunung Bongkok

on
14 March 2018

Camping untuk yang hobi mendaki gunung adalah hal yang biasa dilakukan, karena jarak tempuh menuju puncak memerlukan waktu yang tidak sebentar, tapi bagaimana kalau camping itu sendiri dilakukan pada bulan ramadhan.

Rencana ini berawal dari seorang kawan dedi namanya yang ngajak kumpul-kumpul tapi berkesan, muncul lah ide untuk camping ceria karena waktu nya menjelang puasa kita tetapkan tanggal 3 juni 2017 yaitu seminggu puasa, sebenernya buat saya rada ragu nih, kuat gak ya. Tapi apa salah nya dicoba sekaligus melatih diri.

Tibalah waktu yang kita tetapkan, selepas sahur saya tidak lanjut tidur karena takut kesiangan, tempat untuk kita bertemu yaitu di stasiun tanjung priuk, dari rumah menuju stasiun saya menggunakan ojek online agar lebih cepat, sesampai disana sudah ada tari dan bang jack yang menunggu dan sudah membelikan tiket kereta (harga tiket Rp 6.000,- ) yang jam 9.

Oh ya perjalanan ini saya pergi dengan teman ex trip semarang, empat orang termasuk saya berangkat dari stasiun tanjung priuk, sempat dag dig dug 10 menit kereta mau jalan nuy belum juga datang. Tapi alhamdulillah akhirnya datang juga 5 menit kemudian dan kereta pun jalan menuju purwakarta.

Karena jalur menuju purwakarta melewati stasiun tambun lima orang lain nya menunggu disana, dan lagi-lagi jantung sempat dag dig dug karena dedi yang punya ini rencana sulit dihubungi, kereta tiba di stasiun tambun yang lain nya akhirnya kita suruh naik, biar lah dedi menyusul tetapi akhirnya dia sudah ada ditengah2 gerbong kereta hufffttt bikin kesel hahaha, dikereta jadi ada perbincangan yang naik dari tambun sempet heboh jual kembali tiket tapi beli lagi tiket dengan jam yang sama.

Akhir nya sampai juga di stasiun purwakarta jam 1 kurang dan kami langsung di jemput oleh angkot yang sudah kita sewa.

Lama perjalanan menuju gunung bongkok sekitar 2 jam, ditengah perjalanan sempat terjadi musibah karena jalanan yang kurang bagus, angkot yang kita tumpangi hampir terbalik roda samping terjeblos, tetapi alhamdulillah kita masih dilindungi oleh Allah S.W.T dan dibantu oleh warga sekitar mobil kembali ke posisi aman.

Sampai ditujuan kita turun dan melanjutkan dengan berjalan kaki menuju pos untuk registrasi mengurus ijin untuk camping, setelah itu kita lanjut lagi menuju pos untuk kita camping. Lumayan menguras tenaga karena jarang olahraga jadi ngos-ngosan deh nafas apalagi bawa beban dipunggung ditambah lagi puasa, nikmat bener dah hehe.

Sampai di tkp kita bongkar muatan dalam tas dan mendirikan tenda, cari posisi yang nyaman dan bisa lihat pemandangan sekitar, luar biasa indah nya tempat ini.

Setelah tenda berdiri semua, kita lanjut dengan memasak di saung untuk menu berbuka puasa, mulai dari masak nasi, sayur sop, tahu dan tempe, nugget, wah sudah tidak sabar ingin cepat-cepat buka, husttt gak boleh begitu ya makruh puasanya.

IMG-20170605-WA0004

Waktu sudah mendekati adzan kita rapihkan semua, bersih-bersih dan menata makanan ala-ala ngeliwet gitu deh, dan yang laki-laki turun ke bawah membeli es dan kelapa buat minuman pembuka.

IMG-20170605-WA0010

Alhamdulillah adzan pun tiba dan kita berbuka puasa, dalam hati ada rasa sedih ya Allah saya bersyukur tinggal di kota yang di setiap sudut ada penerangan dimalam hari, disini gelap gulita cuma ada penerangan dari senter  yang kita bawa. “Fabiayyi ‘aala’i robbikuma tukadzibaan”  (maka nikmat Tuhan kamu yang manakah yang kamu dustakan? ).

Makan dengan lauk seadanya tetapi  nikmat sekali mungkin karena adanya kebersamaan kita semua. Selepas makan kita sholat magribh dengan hikmat, dan bersantai-santai sejenak, tiba-tiba angin kencang dan hujan besar, kita semua masuk ke tenda masing-masing, di tenda yang laki-laki pada heboh banjir hahahaha. Rada takut dan berdoa dalam hati agar hujan nya cepat reda.

Hujan pun akhirnya reda jam 9 an, lalu kita pindah ke saung biar lebih nyaman dan sambil bermain uno, seru sekali karena yang kalah muka di coret lipstik. Hohoho tapi saya sih lolos dari corat coret.

Kita bermain sampai jam 11an lewat, permainan terhenti karena kita merasa ada yang memperhatikan jadi buru-buru dah mengakhiri, dan kemudian balik ketenda, lagi pula kita harus tidur cepat agar sahur tidak kesiangan.

Cepat sekali tau-tau sudah jam sahur, kita masak seadanya tapi tetep enak, mau gak mau sih hehe. Setelah sahur kita tunggu adzan shubuh dan lanjut tidur, karena ngantuk sekali.

Pagi sekitar jam setengah 7 kita bangun dan cari spot spot untuk ambil poto di keindahan wisata alam gunung bongkok ini, niat nya sih mau summit tetapi karena semalam hujan pasti jalanan becek akhirnya memilih untuk di area tenda saja.

Sudah semakin siang, kita pun mandi biar seger, lalu merapihkan tenda dan mencuci peralatan bekas pakai, dan packing barang masing-masing, karena kita akan balik kejakarta. Sambil menunggu dijemput oleh angkot yang membawa kita ke sini, kita meluangkan waktu bermain uno lagi tapi kali ini gak pake coret-coret.

IMG-20170605-WA0018

kiki, dayat, tari, jack, putri, nuy, villy, dedi

Lalu selesai main kita poto-poto lagi sebelum turun ke pos 1, kita mengabadikan momen-momen indah disini sebagai satu keluarga yang ceria.

IMG-20170605-WA0020

Ternyata sampai bawah jemputan masih belum tiba, kita pun menunggu lagi dan sambil lihat-lihat souvernir yang dijual di pos dan saya membeli sebuah gantungan kunci harganya Rp 10.000,-  (gambarnya gantungannya gak di post takut bikin iri hahahha).

Akhirnya jemputan tiba, kita berburu waktu karena mau ambil jadwal kereta yang jam 2, perjalanan menuju stasiun lebih jauh dari awal kita datang, karena ambil jalur yang berbeda. Dan sudah pada lelah jadi pada tidur deh dulu.

Tepat waktu juga sampai di stasiun purwakarta, kita bergegas beli tiket dan naik kereta, tetapi perjalan pulang agak sedikit kurang nyaman karena pas banget tempat yang kita duduki ac nya kurang dingin, ini lah godaan nya dehidrasi banget setan udah berbisik aja, “buka puasa aja gak apa-apa kan lagi di perjalanan”, hufftt ikuti kata hati aja, sayang kalo harus buka puasa, tujuan nya ikut camping kan sambil melatih diri kuat apa nggak. Jadi saya tahan aj walau rada lemes.

Seperti saat pergi naik di stasiun berbeda pulang pun turun di stasiun yang berbeda, lima orang ditambun, saya na ke tiga lain nya turun di tanjung priuk, tapi kebetulan kereta berhenti di stasiun senen, kita ber empat memutus kan di stasiun senin, lalu kami pun berpisah disini. Dan kembali kerumah masing-masing.

Sampai dirumah pas banget adzan berkumandang langsung berbuka puasa dan yang pertama saya ambil adalah es syrup camput timun suri, seger dan maknyus.

Alhamdulillah camcer pada bulan ramadhan nya berjalan lancar tanpa kita harus membatalkan puasa.